Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 21 April 2012

Lab Internet Dasar


LABINTDAS (Laboratorium internet dasar) adalah salah satu lab dibawah naungan universitas gunadarma yang terletak di kampus D gedung 3 lantai 2  . LABINTDAS bertujuan agar mahasiswa dan mahasiswi universitas gunadarma khususnya tingkat 1 memiliki pengetahuan seputar dunia internet . karena di zaman modern saat ini internet sangat cepat perkembangannya . praktikum ini sama dengan praktikum lainnya yang sudah pernah saya lakukan seperti ILab, Latex, Fisika dasar ada laporan pendahuluan ada juga laporan akhir, namun laporan internet dasar ini paling mudah dibandingkan dari praktikum yang lainnya . LABINTDAS memiliki sarana dan prasarana yang kurang memadai . dari segi komputer yang lebih banyak yang tidak terkoneksi dengan internet daripada yang terhubung . semoga ditahun berikutnya dari pihak kampus atau siapa pun yang bersangkutan dapat meningkatkan sarana dan prasarana agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan optimal . namanya saja laboratorium internet dasar pasti memerlukan perangkat yang support untuk meningkatkan kualitas praktikum, seperti perangkat utama yakni computer yang seharusnya memenuhi standar pada zaman ini . saya yakin universitas gunadarma yang sudah world class mampu untuk meningkatkan LABINTDAS ini seperti lab yang lainnya, karena ada alasan tertentu peningkatan sarana dan prasarana belum terlaksanakan .

Saya awalnya mengira praktikum internet dasar ini hanya membuang waktu saja ternyata TIDAK banyak materi yang belum saya ketahui sebelumnya dan materi cakupan internet dasar ini sangatlah luas . Pada praktikum internet dasar kami anak 1KA18 dibimbing oleh tutor yang bernama Akhmad Fauzi . metode pengajaran dari kak Akhmad Fauzi tergolong baik karena pengajaran yang santai, enjoy, friendly membuat saya mudah untuk memahami materi yang diberikan . ada aspek yang mendorong praktikan untuk aktif yaitu poin +25 dan max, dengan ini praktikan menjadi semangat untuk mendapat poin itu caranya menjawab atau menjelaskan pertanyaan di depan kepada lainnya . pada hari pertama kak AkhmadFauzi menjelaskan selintas internet dari mulai ruang lingkup yang regional atau sempit sampai global atau luas . saya sangat bersemangat ketika dijelaskan tentang jaringan karena 3 atau 4 tahun ke depan saya akan berkecimpung ke dalam dunia jaringan, lebih tepatnya berkesempatan bekerja di perusahaan jaringan dibilangan cempaka putih amiin !  . ternyata dalam bahasan sistem jaringan itu sangatlah banyak dan luas ini mendorong saya untuk lebih banyak mempelajari tentang jaringan lebih dalam lagi . pada hari kedua kak Akhmad Fauzi menjelaskan tentang search engine dan blog disini di kupas tuntas masalah search engine dan blog terlebih lagi tips mencari informasi lebih cepat dan akurat menggunakan filetype, Boolean , tanda “ . dan menambah pengetahuan istilah – istilah seperti I’m feeling lucky , apa itu portal dan banyak lagi . pada hari ini lah saya berkesempatan untuk mendapatkan nilai max . pada akhirnya kak Akhmad Fauzi mengadakan quiz tapi berkelompok, sebenarnya penilaian dari quiz ini kurang obyektif karena tingkat kesulitan yang rendah dan ditentukan dengan angkat tangan saja . sebenarnya bukan kelompok terbawah itu tingkat pengetahuannya kalah dengan kelompok teratas tapi kuis ini ditentukan oleh kecepatan angkat tangan saja . seharusnya kelompok saya mendapatkan nilai max tetapi hanya +25 saja akibat dari penglihatan pengatur kuis yang terbatas . intinya bukan kelompok saya kalah tetapi penilaian kuis ini yang tidak obyektif, ini bukan kuis namanya tapi adu cepat angkat tangan .

Akhir dari penulisan tentang LABINTDAS cukup ini saja , saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kak Akhmad Fauzi selaku tutor yang telah berbagi ilmunya dan berbagi pengalamannya khususnya pada saya . ilmu ini sangat bermanfaat bagi saya kak apalagi tentang jaringan wah terima kasih banyak dah . semoga LABINTDAS tambah… amin kedepannya .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar