Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 29 September 2011

Penduduk , Masyarakat , dan kebudayaan

Penduduk, masyarakat, dan kebudayaan ialah rangkaian yang saling berkaitan untuk membentuk kehidupan di suatu wilayah atau negara .
penduduk adalah sekumpulan orang yang bertempat tinggal di suatu wilayah, manusia yang disebut penduduk belum tentu bahwa orang itu memiliki kewarganegaraan yang sama dengan negara atau wilayah yang ditempatinya . misalnya penduduk diseluruh indonesia belum tentu semuanya berkewarganegaraan indonesia , melainkan orang asing yang sedang menetap di indonesia atau hanya sekedar berwisata . penduduk dalam suatu negara dihitung dengan perhitungan sensus penduduk . jumlah penduduk indonesia saat ini berada di peringkat 4 dunia dan jumlah penduduk terbanyak didunia adalah republik cina .

masyarakat adalah sekumpulan manusia yang bertempat tinggal di suatu negara atau wilayah yang memiliki tujuan bersama . orang yang disebut masyarakat berarti orang yang berkewarganegaraan asli dari wilayah yang ditempatinya . misalnya, masyarakat indonesia berarti orang yang bertempat tinggal di indonesia dan memiliki kewrganegaraan indonesia . hal inilah yang membedakan antara penduduk dengan masyarakat . biasanya masyarakat indonesia secara tidak langsung sudah dapat ikut berpartisipasi dalam membangun negara indonesia dengan cara membayar pajak yang sudah ditentukan untuk tujuan bersama .

kebudayaan adalah tradisi atau kebiasaan yang dilakukan oleh manusia di wilayah tertentu . biasanya, kebudayaan muncul karena tradisi atau kebiasaan turun-temurun yang dilakukan dari orang-orang yang terdahulu . kebudayaan di indonesia sangat beragam dan mudah ditemui di berbagai wilayah di indonesia . namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman modernisasi kebudayan di indonesia sudah mulai pudar . hal ini dikarenakan arus globalisasi yang berkembang sangat pesat . maka dari itu kebudayaan tradisional di anggap sudah kuno atau ketinggalan zaman . saat ini masyarakat cenderung mengikuti budaya kebarat-baratan atau mengikuti gaya trend masa kini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar