Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 15 Oktober 2011

Individu, Keluarga dan Masyarakat

INDIVIDU
                Individu adalah satuan terkecil yang tidak dapat dibagi lagi . artinya manusia yang diciptakan dengan raga dan jiwa atau biasa disebut diri sendiri itu termasuk individu . individu tidak sama seperti kelompok karena individu hanya sebatas perseorangan saja , sedangkan kelompok terdiri dari kumpulan individu dalam ruang lingkup yang sama . setiap individu memiliki karakter yang berbeda – beda dengan jangka waktu yang lama hal yang sangat berperan dalam pembentukan karakter suatu individu ialah lingkungan sekitar . kepribadian seseorang tumbuh dari keluarga dan norma – norma yang berlaku di lingkungan masyarakat . pengaruh terbesar dari lingkungan sekitar seperti keluarga dan masyarakat maka akan memberi pertumbuhan bagi suatu individu seiring berjalannya waktu , maka terbentuklah individu yang sesuai dan dapat menyesuaikan dengan lingkungan sekitar .

KELUARGA
                Keluarga adalah lingkungan dimana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah . keluarga sebagai kelompok yang terdiri dari individu yang memiliki hubungan antar individu juga terdapat kewajiban , ikatan , tanggung jawab di antara individu . keluarga juga bias di bilang lingkungan terdekat dari individu . karena hampir setiap saat kita dapat bertemu keluarga dengan manusia yang tidak asing lagi bagi kita . adanya hubungan yang sangat dekat antar individu yang satu dengan yang lain . contoh saja antara anak dengan orang tuanya pasti anak dengan orang tuanya memiliki hubungan yang sangat dekat karena orang tua yang telah melahirkan dia dan membesarkan dia .maka dari itu keluaga bias dibilang lingkungan terdekat dari individu .
Fungsi keluarga :
1.fungsi pendidikan , dilihat bagaimana keluarga menyekolahkan anaknya untuk mempersiapkan anaknya menatap masa depan .
2. fungsi sosialisasi , keluarga mengajarkan anaknya untuk bersosialisai dengan baik .
3. fungsi perlindungan , keluarga melindungi anaknya supaya anak merasa aman .
4. fungsi agama , keluarga menanamkan keyakinan yang mengatur hidupnya kini dan setelah mati nanti .
5. fungsi perasaan , keluarga saling perhatian satu sama lain dan menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga .
6. fungsi ekonomi , keluarga mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga .
7. fungsi rekreatif , dilihat dari bagaimana suasana yang menyenangkan dalam keluarga .
8. memberikan kasih sayang , perhatian , dan rasa aman di antara keluarga .

MASYARAKAT
                Masyarakat adalah suatu perkumpulan individu atau manusia yang saling berinteraksi satu sama lain dalam satu wilayah . misalnya masyarakat betawi artinya orang – orang yang mendiami suatu wilayah dengan adat istiadat yang hampir sama antara orang yang satu dengan yang lainnya . hal ini karena adanya interaksi antar individu yang berada di wilayah tersebut untuk membentuk kebiasaan yang sama dalam jangka waktu yang panjang . biasanya masyarakat betawi ditemukan di wilayah Jakarta .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar