STRUKTUR PASAR
BAB I
PENDAHULUAN
Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat
mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan pasar, seperti jumlah
perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi. Struktur pasar yang kompetitif
adalah struktur pasar di mana perusahaan-perusahaan yang ada didalamnya sama
sekali tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga dan jumlah barang
dipasar. Semakin lemah kemampuan perusahaan-perusahaan tersebut,
semakinbkompetitif struktur pasarnya.
BAB II
PEMBAHASAN
Pasar adalah suatu
tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran
(penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan
harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap
proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga
yang disepakati antara pembeli dan penjual. Dalam kehidupan sehari-hari kita
dapat melihat pasar dalam bentuk fisik.
seperti pasar barang (barang konsumsi).
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi
kedalam beberapa bagian yaitu:
- Pasar persaingan sempurna : Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli
yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
- Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
1. Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
2.Pasar oligopoli : Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
3. Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
4. Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
5. Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
6. Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
seperti pasar barang (barang konsumsi).
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi
kedalam beberapa bagian yaitu:
- Pasar persaingan sempurna : Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli
yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
- Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
1. Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
2.Pasar oligopoli : Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
3. Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
4. Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
5. Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
6. Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
BAB III
KESIMPULAN
Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi
antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa
tertentu, dari proses permintaan dan penawaran maka menghasilkan penetapan harga keseimbangan. Saat
ini pasar sudah berkembang dari pasar tradisional hingga pasar yang sudah
tinggi kelasnya yakni perusahaan. Dari pembahasan diatas juga sudah dijelaskan
macam – macam bentuk pasar dengan struktur yang berbeda . jadi intinya pasar
dimana adanya penjual konsumen dan barang .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar