Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 04 Juli 2013

Struktur pasar

STRUKTUR PASAR
BAB I
PENDAHULUAN

Struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan pasar, seperti jumlah perusahaan, skala produksi, dan jenis produksi. Struktur pasar yang kompetitif adalah struktur pasar di mana perusahaan-perusahaan yang ada didalamnya sama sekali tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga dan jumlah barang dipasar. Semakin lemah kemampuan perusahaan-perusahaan tersebut, semakinbkompetitif struktur pasarnya.

BAB II
PEMBAHASAN

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik.
seperti pasar barang (barang konsumsi). 
Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi
kedalam beberapa bagian yaitu:
- Pasar persaingan sempurna : Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli

yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
- Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
1. Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
2.Pasar oligopoli : Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
3. Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
4. Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
5. Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
6. Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
BAB III
KESIMPULAN


Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu, dari proses permintaan dan penawaran maka menghasilkan penetapan harga keseimbangan. Saat ini pasar sudah berkembang dari pasar tradisional hingga pasar yang sudah tinggi kelasnya yakni perusahaan. Dari pembahasan diatas juga sudah dijelaskan macam – macam bentuk pasar dengan struktur yang berbeda . jadi intinya pasar dimana adanya penjual konsumen dan barang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar