Kriteria manager
proyek yang baik adalah sebagai berikut :
1. Problem Solving
kemampuan manajer
dalam menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien.
2. Budgeting and Cost
Skills
Kemampuan dalam hal
membuat anggaran biaya proyek, analisis kelayakan investasi agar keuangan
proyek dapat berjalan optimal sesuai dengan keinginan penyedia dana.
3. Schedulling and
Time Management Skills
Kemampuan untuk
menjadwalkan proyek. Disini manajer proyek dituntut untuk dapat mengelola waktu
secara baik agar proyek dapat selesai tepat waktu seperti yang diharapkan.
4. Technical Skills
Kemampuan teknis
melingkupi pengetahuan dan pengalaman dalam hal proyek itu sendiri, dengan
mengetahui prosedur-prosedur dan mekanisme proyek. Kemampuan teknis biasanya di
dapat dari penimbaan ilmu khusus di bangku formal, misalnya Institut Manajemen
Proyek, dan sebagainya.
5. Leadership Skills
Kepemimpinan menjadi
salah satu peranan penting yang dimiliki oleh seorang manajer proyek.
6. Resource Management
and Human Relationship Skills
Pemakaian sumber daya
adalah masalah utama bagi para manajer proyek. Manajer proyek perlu memahami
akibat dari kegagalan dalam mengelola sumber daya, oleh karena itu perlu
kehati-hatian dalam menempatkan sumberdaya yang ada dan menjadwalkannya.
7. Communication
Skills
Perencanaan sebuah
proyek akan menjadi tidak berguna ketika tidak ada komunikasi yang efektif
antara manajer proyek dengan timnya. Setiap anggota tim harus mengetahui
tanggung jawab mereka. Kadang, jadwal perencanaan yang sudah dibuat secara
sempurna oleh manajer proyek tidak dijalankan oleh timnya, tim lebih memilih
bekerja dengan aturan mereka sendiri. Hal ini dikarenakan sang manajer tidak
memberikan penjelasan atau mempresentasikan prosedur yang diinginkan dalam
menjalankan proyek.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar